Thursday, 23 October 2014

Potensi Wisata Kota Bekasi Belum Dikelola Maksimal

Monday, 25 June 2012, 8:33
hijauKe mana menghabiskan liburan di Kabupaten Bekasi ? Mungkin banyak orang tidak tahu. Sebagian warga Kabupaten Bekasi lebih memilih tempat berlibur di luar kota. Padahal, potensi wisata di Kabupaten Bekasi sangat besar. Sayang, belum tergarap serius.

Beberapa tempat wisata yang banyak dikunjungi warga selama musim liburan di Kabupaten Bekasi adalah Water Boom Lippo Cikarang, Taman Buaya Setu, dan Wahana Permainan di Lapangan Golf Jabebaka.
Lonjakan pengunjung terjadi saat akhir pekan dan musim liburan sekolah.  Tetapi, mencari tempat wisata yang bisa menjadi pilihan libur panjang,  untuk menginap misalnya, Kabupaten Bekasi belum memilikinya.
“Potensi wisata kita besar, namun kita mengakui belum mengelola dan mempromosikan dengan baik. Sehingga, belum banyak masyarakat yang tahu,” ujar Effendi, Kepala  Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olaraga (Disparbudpora) Kabupaten Bekasi.
Kendala paling utama dalam mengelola potensi wisata tersebut adalah minimnya anggaran dan promosi. Sebab, kata Effendi, untuk menyulap sebuah tempat menjadi tujuan wisata memerlukan anggaran besar, salah satunya adalah menyiapkan infrastruktur penunjang yang memadai dan akses transportasi yang mudah dijangkau. Potensi wisata di Kabupaten Bekasi bisa dikelompokkan beberapa jenis. Di antaranya adalah wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja, wisata keluarga dan wisata kuliner.
Untuk wisata alam, Kabupaten Bekasi memiliki tempat-tempat menarik untuk dikunjungi seperti Argowisata dan Situ Abidin di Kecamatan Bojongmangu, terletak di dataran paling tinggi di Kabupaten Bekasi. Suasana Situ Abidin sangat sejuk dan asri. Bojongmangu sudah direncanakan menjadi daerah argowisata karena wilayahnya mirip dengan Puncak Bogor.
“Kalau berada di Bojongmangu, serasa ada di Puncak Bogor. Udaranya sejuk dan pemandangannya asri. Kami sedang rancang sebagai tempat argowisata. Pengunjung pun bisa menginap langsung di rumah-rumah warga,” jelas Effendi.
Daerah lainnya misalkan, Taman Wisata Serang, Situ Binong Cikarang Pusat, Situ Cibeureum Tambun, Kampoeng Jamoe di Kawasan EJIP Cibarusah,Botanical Garden Jababeka serta Taman Burung Pulau Murub Sukatani.
Ada pula Ekowisata di Muarabendera  dan Muarabeting, Kecamatan Muaragembong. Di tempat ini terdapat hutan bakau yang mengelilingi pantai Muaragembong, sayang, kondisinya sudah tidak terurus karena hutan bakau telah beralingfungsi menjadi lahan perkebunan, sawah dan tambak. Di Muara Beting sebenarnya banyak burung migrasi dari Laut China Selatan dan Laut Pasifik. Burung-burung itu pun migrasi ditempat ini karena pengaruh arus badai pada setiap Sepetember hingga Februari. Selain burung, terdapat lutung hitam dan buaya jenis rawa yang sudah langka.
Di Kecamatan Babelan, ada Muara Blacan yang ramai dikunjungi para pemancing dari berbagai daerah. Tempat ini masih asri dan sejuk. Di Muara Blacan, kita bisa menyaksikan satwa langka seperti lutung dan burung-burung.
“Untuk di daerah utara memang sudah kita rencanakan menjadi tujuan wisata andalan. Infrastruktur memang mesti diperbaiki lebih dulu. Itulah yang menyebabkan objek wisata di Muaragembong sulit dijangkau,” lanjut dia.
Selain wisata alam, Kabupaten Bekasi pun menyimpan potensi wisata sejarah dengan objek bangunan bersejarah. Kita bias melihat misalnya ; Gedung Tinggi (Juang) Tambun, Gedung Tuan Tanah Gabung, Gedung Tuan Tanah Pebayuran, Kobak Rante, Klenteng Liem Thay Soe Kong Cikarang,  Klenteng Hok Lay Kiong Cibarusah, Lumpang Panjang, Masjid Tua, Masjid Alam Pondok Tengah, Masjid Alam Blacan, Masjid Al-Ikhlas Cibarusah dan Masjid Attaqwa.
Ada juga wisata spiritual seperti  Makam Syech Maulana Tubagus Mansyur, Makam Pangeran Mangkunegara, Makam Mbah Buyut Kamyan, Makam Singa Derepa, Makam Raden Sain, Makam Kong Apus, Makam KH Noer Alie, Rumah Panggung, Situs Buni, Saung Ranggon, Situs Cijambe, Kramat Batok, Sumur Awisan dan Ububan.
Selain memiliki potensi wisata alam, sejarah dan spiritual, Kabupaten Bekasi memiliki pula keragaman budaya yang bisa disinergiskan dengan objek wisata. Beberapa kesenian khas Bekasi seperti Wayang Bekasi, Topeng Bekasi, Seni Ujungan, Wayang Dundung, Tradisi Palang Pintu , Tradisi Sohibul Hikayat , Gambang Kromong, Tanjidor , Silat Bekasi, Tari-tarian Bekasi atau Topeng serta Upacara-upacara adat yang masih dilestarikan sampai saat ini di masyarakat.
“Nanti akan dipadukan. Kesenian tradisional ini dipentaskan di tempat-tempat wisata atau kita buat pekan pertunjukan. Itu bisa menjadi daya tarik tersendiri,” ujarnya.
Effendi juga menjelaskan, Kabupaten Bekasi memiliki potensi wisata belanja, beberapa di antaranya ; Tempat Pelelangan Ikan Muaragembong, Sentra Rumput Laut Muaragembong, Sentra Kerajinan Enceng Gondok Babelan, Sentra Kerajinan Tembaga di Setu serta Sentra Kerajinan kayu dan bambu di Cibitung.
“Kami akan bangun pusat kerajinan di daerah Deltamas. Nantinya, semua kerajinan khas Bekasi kami pasarkan di tempat tersebut sehingga wisatawan bias membawa oleh-oleh dari Bekasi,” kata dia bersemangat.
Karena persoalan pendanaan yang besar, maka, pihaknya berusaha merancang sebuah peta wisata. Hal ini ditujukan berfungsi untuk mengundang investor dan membantu mempromosikan potensi tersebut kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.
Pengamat pariwisata, Rachmat Sugianto mendukung gagasan Disporbudpora mengembangkan potensi di Kabupaten Bekasi. Menurut Rachmat, yang juga General Menejer Hotel Sahid Lippo Cikarang mengatakan, di Kabupaten Bekasi sangat banyak pekerja asing yang membutuhkan wisata alam dan tradisional. Untuk itu, pengembangan potensi wisata  harus dibarengi dengan perencanaan tata kota yang baik dan apik.  Rachmat berpendapat, kenyamanan turis bukan hanya dari aspek pelayanan hotel, tapi juga suasana perkotaan di sekitarnya. Konsep tata kota yang ramah lingkungan adalah salah satu contohnya.

“Kalau kotanya berantakan, turis tidak bakal betah berlama-lama,” ujar Rachmat yang mengukap pula bahwa dunia pariwisata menyumbang cukup banyak Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bekasi.
Sumber : Bekasiraya

Tulis Komentar Anda

prov />