Saturday, 19 April 2014

Walikota_Bekasi, menandatangani Kerjasama Pengembangan Puskesmas berfungsi PONED

Friday, 11 May 2012, 10:53
rKota_Bekasi, Walikota_Bekasi Dr.H.Rahmat Effendi, hari ini, Kamis (10/5), bertempat di ruang kerjanya, menandatangani kerjasama Pemerintah Kota_Bekasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, tentang pengembangan puskesmas menjadi puskesmas berfungsi Pelayanan Obstetric Neonatal Emergensi Dasar (PONED) di Jawa Barat.

Didampingi pelaksana tugas Sekretaris Dinas Kesehatan Kota_Bekasi  dan petugas Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Dien Mardiningsih, penandatanganan ini merupakan bagian dari 22 kabupaten/kota yang mendapatkan bantuan dari Provinsi Jawa Barat dalam rangka sinkronisasi, kerjasama dan pembagian peran yang proposional, guna mendukung pencapaian pembangunan kewilayahan dan tematik sebagaimana tertuang dalam RPJMD Provinsi Jawa Barat Tahun 2008-2013, serta untuk peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat.
Tahun 2012 ini, Kota_Bekasi merupakan bagian dari 22 kabupaten/kota dalam pengembangan puskesmas menjadi puskesmas berfungsi PONED sebanyak 112 unit puskesmas.
Kota_Bekasi mendapatkan bantuan 1 unit puskesmas yang dapat berfungsi PONED dikarenakan syarat penerima bantuan tersebut adalah puskesmas yang memiliki luas tanah lebih dari 200 meter persegi.
Sementara itu, Walikota_Bekasi mengatakan puskesmas dengan fungsi PONED ini mempunyai fungsi puskesmas dengan Pelayanan Obstetric Neonatal Emergensi Dasar (PONED) yaitu puskesmas yang mampu memberikan pelayanan kesehatan dan memandang kasus-kasus kegawatdaruratan obstetrik dan neonatal tingkat dasar.

“Tujuan dari puskesmas PONED adalah untuk menurunkan kematian ibu dan bayi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat berusaha mengurangi angka kematian ibu dan anak yang jumlahnya masih cukup banyak. Salah satu strateginya adalah dengan memperbanyak pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang memiliki fasilitas Pelayanan Obstetric Neonatal Emergensi Dasar (PONED)”, jelas Bang Pepen, sapaan akrab Walikota_Bekasi ini.

Sumber : bekasikota.go.id

Tulis Komentar Anda

sangyang ucapan