Sunday, 20 April 2014

Cara Agar Sepatu Tahan Lama

Monday, 8 October 2012, 15:25

sWalau hobi memborong sepatu, belum tentu semua penggila belanja tahu cara terbaik merawat sepatunya. Perawatan yang tepat bisa membantu memperpanjang umur sepatu kesayangan Anda.

Hampir semua wanita hobi belanja sepatu, mulai dari sepatu sehari-hari sampai sepatu pesta. Rasanya hampir tak pernah cukup berbelanja sepatu. Namun bila tak pandai merawat, sepatu-sepatu tersebut pun bisa berakhir sia-sia. Ada yang rusak karena penyimpanan yang salah. Ada juga yang tak bertahan lama karena perawatan yang tak tepat. Perhatikan beberapa poin berikut ini agar sepatu kesayangan bisa bertahan lebih lama.

Memilih dan menyimpan

Sebagaimana pelatih olahraga, Anda juga harus menyusun strategi saat membeli sepatu. Untuk sepatu yang sering dipakai, seperti sepatu kerja, tak ada salahnya memilih kualitas yang lebih bagus. Pilih satu model klasik yang bisa dipakai untuk waktu panjang dan pilih sepatu dengan kualitas yang baik. Untuk sepatu yang dipakai sebagai variasi, Anda bisa memilih yang terjangkau anggaran.

Sepatu akan tahan lama jika disimpan dengan baik. Hindari menumpuk sepatu yang bisa membuatnya cepat rusak. Pastikan selalu ada jarak antarsepatu atau simpanlah sepatu selalu dalam kotak aslinya. Sepatu yang saling menumpuk bisa merusak bentuk dan membuat sirkulasi udara di sepatu kurang baik sehingga mudah merusak kulit dan sol sepatu.

Gunakan kertas koran saat menyimpan untuk mempertahankan bentuk sepatu. Untuk sepatu putih gunakan kertas HVS putih agar tidak meninggalkan noda di sepatu.

Penggunaan yang baik

Jangan gunakan sepatu hak pada saat menyetir. Gerakan kaki pada saat menyetir bisa cepat merusak bentuk sepatu dan berisiko membuat hak sepatu patah.

Latih kebiasaan jalan yang baik. Angkat kaki saat berjalan. Jalan dengan menyeret kaki akan membuat sepatu dan hak sepatu semakin cepat rusak.

Pastikan kaki Anda kering dan bersih saat menggunakan sepatu. Kaki yang basah akan membuat sepatu lembab sehingga mudah merusak lapisan dalam,memicu jamur, dan menyebabkan bau tidak sedap pada kaki.

Jangan siksa sepatu Anda dengan menggunakannya setiap hari. Sepatu juga perlu beristirahat, bernapas, dan mengembalikan bentuk aslinya. Gunakan bergantian dengan sepatu lain. Menggunakan sepatu lebih dari 3 kali dalam seminggu bisa dengan mudah memperpendek usia sepatu Anda.

Perawatan
Jika sepatu berkualitas bagus belum terjangkau, jangan khawatir. Untuk perawatan yang tepat, selalu bersihkan sepatu Anda dari kotoran setiap selesai dipakai. Kotoran yang menempel terlalu lama bisa cepat merusak lapisan luar sepatu dan membuatnya mudah mengelupas. Seka dengan lap atau gunakan sikat lembut untuk membersihkan sisa kotoran.

Untuk pemilik sepatu kulit, poles sepatu Anda dengan semir secara berkala. Setelah cairan semir kering, bersihkan sisa gumpalan semir dengan kain lembut yang bersih.

Jangan pernah membiarkan sepatu basah atau lembap. Baik karena hujan maupun karena basah keringat, angin-anginkan sepatu di dalam ruangan untuk mengeringkannya. Jangan gunakan sepatu sebelum kering sempurna. Hindari penggunaan pengering rambut saat mengeringkan sepatu kulit karena bisa membuat kulit sepatu mudah berkerut.

Menyimpan sepatu lembap atau basah dalam kotak sepatu akan memicu timbulnya jamur, bakteri, dan bau tak sedap pada sepatu. Akibatnya, kulit sepatu mudah terkelupas dan bagian dalam sepatu menjadi lebih rapuh.

Jika pelindung bawah sepatu Anda terbuat dari plastik, ganti dengan pelindung karet yang lebih tahan lama. Anda bisa melakukannya di berbagai tempat perbaikan sepatu.

Sumber : Yahoo.com

Tulis Komentar Anda

sangyang ucapan